close
menikmati-jalur-selatan-jawa

Bosan perjalanan dengan kendaraan umum? Kenapa tidak mencoba berkendara sendiri saja? Menelusuri jalur selatan Pulau Jawa bisa menjadi pengalaman seru. Ada banyak tempat menarik di sepanjang Jalur selatan ini. Pemandangan yang sangat sedang dipandang mata.

Perjalanan menyusuri jalur selatan dimulai dari Cileunyi. Lepas Cileunyi, pilih jalur menuju Garut/Tasikmalaya melalui Rancaekek. Hati – hati di musim hujan, karena tak jarang jalanan tergenang. Selepas Rancaekek menuju Nagreg, waspadai jalur ini yang berupa turunan sepanjang 2 kilometer. Selanjutnya, beloklah ke Jalan Raya Kadungora di sebelah kanan menuju Garut.

Mulai dari sini, mata anda akan dimanjakan oleh pemandangan yang menyejukkan mata, pegunungan berpadu sawah menghampar. Sepanjang jalan menuju Garut, beberapa tempat layak untuk disinggahi. Salah satunya Candi Cangkuang. Jalan menuju Candi Cangkuang terletak di sebelah kiri Jalan Raya Kadungora. Agak sempit memang, namun masih bisa dilewati 2 mobil berpapasan. Tiba di lokasi, pengunjung harus menyeberangi “situ” terlebih dahulu untuk mencapai candi. Tak jauh dari Candi, terdapat pula komplek Rumah Adat Kampung Pulo.

Tiba di Garut, tujuan selanjutnya adalah Singaparna. Ada lokasi yang menarik untuk kita singgahi, yaitu Kampung Naga yang terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Selawu. Akses menuju Kampung Naga berada tepat di pinggir jalan raya Tasik – Garut.

Perjalanan menuju Kampung Naga, kondisi fisik sangat dibutuhkan mengingat lokasinya berada di lembah dan harus dicapai dengan menuruni anak tangga yang konon ceritanya berjumlah 400 buah.

Setelah melewati Singaparna, tujuan selanjutnya adalah Tasikmalaya. Tiba di Tasikmalaya, cobalah jalur alternatif Tasik-Cimaragas-Banjar menuju Banjar dan jangan lewatkan untuk menyinggahi Masjid Kuno di Manonjaya yang persis terletak di pinggir jalan ini. Masjid yang juga merupakan cagar budaya ini dibangun tahuk 1837 dengan arsitektur unik. Sempatkan juga untuk istirahat sholat sebelum melanjutkan perjalanan.

Tibalah kita di kota paling ujung di bagian selatan Jawa Barat, Kota Banjar. Masih belum puas? Berbeloklah ke arah Lakbok, kemudian susuri jalan Purnomosidi hingga Jalan Pengairan dan Jalan Bendungan Manganti, hingga tiba di Bendungan Manganti yang merupakan perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Bangunan yang berfungsi untuk membendung air sungai Citanduy ini pada siang hingga sore hari cukup ramai, karena banyak yang memanfaatkan sebagai tempat rekreasi.

Menyeberang sungai Citanduy berakhir sudah perjalanan menyusuri jalur selatan Pulau Jawa di Jawa Barat.

| Catatan Perjalanan Te Nadya Wijanarko ( @nadya_wijanarko ) menggunakan Peugeot 206 yang dimuat di Scarf Magazine Vol. 13 halaman 110.

Leave a Response